Pages

Tips Mengatur Keuangan Bagi Wanita Lajang

Pengelolaan keuangan tak hanya berlaku bagi wanita yang sudah menikah, tapi juga untuk wanita yang masih melajang. Karena belum berkeluarga dan belum memiliki tanggungan, akhirnya penghasilan habis untuk membeli sepatu, pakaian, atau hang out bersama teman-teman.

Bagi Anda yang masih berstatus lajang, berikut beberapa kiat pengelolaan uang yang menarik untuk disimak:

1. Buatlah anggaran bulanan secara merinci, misalnya untuk kebutuhan tabungan dan dana pensiun. Agar tidak tergiur dengan penawaran diskon yang dapat meningkatkan gairah berbelanja, disarankan untuk tidak membuat kartu ATM atau debit dari rekening yang Anda alokasikan untuk hari tua tersebut.

2. Meskipun belum menikah, wanita lajang juga harus membangun zona keamanan sendiri. Salah satunya lewat investasi, baik dalam bentuk saham atau dana pensiun. Alternatif lainnya adalah berinvestasi pada rumah atau memulai bisnis kecil-kecilan. Dikarenakan belum memiliki pasangan, mungkin tidak semua wanita lajang berminat membeli rumah. Tetapi jangan jadikan halangan, sebab Anda bisa mengakalinya dengan bermitra dengan saudara kandung atau orang tua.


3. Beberapa perusahaan memberikan tunjangan keluarga kepada karyawan yang sudah berkeluarga, mulai dari tunjangan kesehatan hingga tunjangan pendidikan. Biasanya karyawan yang masih melajang tidak memperoleh fasilitas tunjangan semacam ini. Cobalah berdiskusi pada atasan mengenai kenaikan jumlah insentif yang Anda peroleh, seperti misalnya uang lembur dan jatah cuti tahunan.

4. Jangan berbagi rekening tabungan dengan kekasih, karena risikonya sangat besar! Beberapa kemungkinannya adalah si dia mengambil uang dari rekening tanpa sepengetahuan Anda, atau meminjam uang ke bank dengan jaminan tabungan bersama tersebut. Maka dari itu, disarankan sebelum berbagi tanggung jawab keuangan dengan seseorang yang belum resmi muntuk mempertimbangkan secara matang semua dampak yang mungkin terjadi di waktu mendatang. (bn/dari berbagai sumber)

Diambil dari situs ciputraentrepreurship.com

Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih jauh tentang investasi, silakan kunjungi page kami di https://www.facebook.com/pages/Tanya-Jawab-Investasi/633675220020153

Tanya Jawab Investasi

Promote Your Page Too

Langganan Info via Email