Pages

Librarian Salaries

Pustakawan - walaupun kita tidak menginginkan menjadi pustakawan - sesungguhnya memiliki standar kesejahteraan hidup yang layak. Tahun 2006, rata-rata gaji pustakawan sedikit diatas $49,000/tahun yang berarti lebih tinggi sedikit dengan pendapatan rata-rata profesi lainnya.

Umumnya pustakawan mempunyai pendapatan antara $40,000/tahun sampai $60,000/tahun, walaupun hal itu bergantung pada tingkat pendidikan atau untuk posisi administratif, mereka mendapatkan pendapatan sebesar $75,000/tahun. Pendapatan terendah seorang pustakawan adalah $30,000/tahun atau lebih - lumayan untuk pendapatan awal.

Namun, bidang ilmu perpustakaan secara umum berkembang lebih lambat dibandingkan pertumbuhan normal. Pekerjaan baru di bidang perpustakaan jarang terjadi, sebagian karena pengaruh dari perkembangan teknologi.

Jaman sekarang, pengguna perpustakaan dapat menemukan semua informasi yang mereka inginkan pada topik apapun dengan menggunakan internet dari rumah sendiri. Semakin banyaknya data yang bertambah banyak tersedia di internet, orang jadi lebih jarang mengunjungi perpustakaan untuk tujuan-tujuan penelitian sehingga membatasi kebutuhan akan posisi pustakawan referensi yang baru.

Namun, ketika pekerjaan baru untuk bidang perpustakaan tidak dibuka, ternyata masih ada beberapa kesempatan kerja disana. Banyak pustakawan yang pensiun tiap tahun, sehingga posisinya bisa diisi oleh yang baru. Faktanya, survey yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan bahwa hampir 2/3 dari seluruh pustakawan berusia diatas 45 tahun, jadi dapat diasumsikan bahwa pustakawan ini akan pensiun dalam jangka waktu 10 sampai 20 tahun mendatang. Selain itu, perpustakaan yang tidak membutuhkan lulusan S2 lebih sering membuka lowongan - termasuk untuk pekerjaan paruh waktu atau asisten pustakawan.

Lowongan posisi pustakawan dalam sepuluh tahun mendatang dipredisksi akan menjadi yang paling lambat pertumbuhannya seiring dengan kemampuan pengguna dalam belajar dan melakukan risetnya sendiri. Namun, posisi staf pembantu, khususnya posisi dalam membantu menggunakan teknologi akan berkembang lebih cepat. Umumnya perpustakaan memiliki minimal satu orang pada posisi ini. Sementara lowongan kerja pustakawan diluar standar perpustakaan diperkirakan akan berkembang cukup cepat dalam sepuluh tahun mendatang. Posisi ini bekerja untuk perpustakaan nonprofit, swasta, atau konsultan seperti information broker dan peneliti. Pustakawan biasanya disewa untuk mengelola database komputer, website, dan pusat informasi lainnya. Karena pustakawan biasanya sangat terorganisir dan dapat mengevaluasi informasi secara cepat, perusahaan biasanya menyewa mereka untuk mengevaluasi dan mengelola sejumlah data (yang banyak). Pustakawan yang tertarik untuk posisi seperti ini bisa mendapatkannya pada disiplin ilmu tertentu - seperti bioteknologi atau mesin/teknik.

Secara umum, walaupun tidak ada posisi kosong di perpustakaan umum untuk jumlah lowongan yang banyak, akan ada kesempatan terbuka seiring dengan pensiunnya pustakawan-pustakawan senior. Selain itu, bagi mereka yang mencari pekerjaan diluar lingkungan perpustakaan tradisional, ada banyak posisi baru yang dibuka oleh perusahaan yang mencari pustakawan untuk mengelola informasi dan database-nya.

Sumber : http://www.careertoolkits.com/librarian/librarian-salaries.html

Langganan Info via Email