Pages

Apa itu LASIK?

LASIK atau laser-assisted in situ keratomileusis adalah prosedur bedah dengan menggunakan laser untuk memperbaiki gangguan penglihatan jarak dekat, jarak jauh, dan/atau astigmat. Astigmat dapat digambarkan bahwa cahaya yang masuk ke dalam mata tidak jatuh pada satu titik fokus, tetapi dua titik fokus, sehingga penglihatan terganggu.

Sebelum melakukan prosedur bedah LASIK, sebaiknya Anda berkonsultasi dahulu dengan dokter mata, apakah prosedur ini cocok untuk dilakukan atau tidak. Carilah dokter bedah LASIK yang kompeten. Dokter akan memeriksa mata Anda dahulu, penglihatan mana yang perlu diperbaiki (penglihatan dekat, jauh, atau astigmat). Dokter juga akan menanyakan kesehatan Anda secara umum untuk mengetahui apakah kesehatan Anda memenuhi syarat untuk prosedur bedah LASIK atau tidak. Dokter akan mencari tanda-tanda adanya penyakit mata kering, yang harus ditangani dahulu sebelum prosedur LASIK dilakukan. Walaupun mata Anda memiliki cairan mata yang normal, dokter tetap akan memberikan pencegahan dengan memberikan penanganan untuk mengurangi resiko timbulnya mata kering setelah operasi.

LASIK adalah prosedur bedah untuk pasien rawat jalan – tidak membutuhkan rawat inap. LASIK memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan prosedur perbaikan penglihatan lainnya, diantaranya adalah hampir tidak terasa sakit setelah operasi dan penglihatan yang baik akan Anda dapatkan setelah beberapa hari dilakukan operasi. Prosedur bedah LASIK biasanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit. (Sumber disarikan dari www.allaboutvision.com)


Langganan Info via Email