Pages

Reward for Reading in the Library


New Britain Public Library, NBPL, mengadakan program menarik untuk pengunjung yang datang dan membaca di perpustakaan selama musim panas. Mereka membagi tiga kategori, yaitu: anak-anak usia pra sekolah sampai grade 5, remaja grade 6 - 12, dan dewasa.

Anak-anak dimotivasi untuk datang ke perpustakaan dan membaca apapun yang mereka sukai disana selama 15 menit saja setiap harinya. Dengan melakukannya, mereka mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan hadiah mingguan. Remaja diminta untuk mengembalikan laporan mingguan mengenai apa yang mereka baca dan mendapatkan poin bergantung dari banyaknya buku yang mereka baca. Poin yang mereka kumpulkan dapat ditukarkan dengan potongan harga membeli buku, mendapatkan T-shirt dan bisa mendapatkan kesempatan untuk meraih hadiah utama.

Sementara, pengunjung dewasa diminta untuk memberikan ulasan berupa tulisan terhadap buku yang mereka baca. Setelah mereka memberikan ulasan tersebut, mereka berhak mendapatkan buku dari perpustakaan dan memperoleh kesempatan untuk memenangkan hadiah utama yaitu beberapa tanaman untuk berkebun.

Perpustakaan disana menyelenggarakan beberapa program selama musim panas dan dicantumkan di papan pengumuman, seperti: ayo membaca, game days, bahkan sampai menyelenggarakan workshop untuk frisbee!.

Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi perpustakaan di Indonesia untuk menumbuhkan minat baca masyarakat dan lebih proaktif "menjemput" pengunjung untuk datang dan memanfaatkan fasilitas yang ada di perpustakaan.

AYO SEMANGAT!

source: http://www.newbritainherald.com/articles/2010/06/15/news/doc4c1834bb4cb1e374572128.txt

Langganan Info via Email