Pages

Digital Library of European History


Perpustakaan Nasional Ausria akan mengubah 400,000 buku ke dalam format dijital. Untuk itu, perpustakaan tersebut telah melakukan perjanjian kerjasama dengan Google dalam hal pelaksanaan proyek yang bernilai 30 juta Euro tersebut. 

Google akan melakukan proses dijitalisasi yang berharga 60 sampai 120 Dollar Amerika untuk setiap bukunya. Pekerjaan pemindaian itu sendiri akan dimulai pada tahun 2011 dan akan diperkirakan selesai dalam jangka waktu enam tahun. Perpustakaan berharap proyek ini dapat dijadikan alternatif untuk menyelamatkan koleksi aslinya dalam bentuk dijital dan mempunyai back-up jika terjadi bencana. Selain itu, bila ini telah selesai, proyek ini bisa menampikan sejarah 400 tahun sejarah bangsa Eropa.

Google sendiri saat ini telah memindai 12 juta buku dalam bentuk dijital, yang diperoleh dari 40 perpustakaan termasuk dari Stanford dan Harvard University. 

Hmmm sepertinya proyek ini cukup pelik ya, disaat kita ingin mencoba mempermudah sesuatu dengan kemajuan teknologi, di sisi lain kita dihadapkan pada masalah copyright. Apapun kontroversinya, kita ambil yang baik-baiknya aja deh...:-)

Semoga bermanfaat

source: http://www.google.com/hostednews/afp/article/ALeqM5gQRnbbvo2WkH8DzHcf04Fs6y4usg

Langganan Info via Email