Virus Tibeulat.exe

Sekitar seminggu yang lalu, masih di bulan puasa, aku nge-net dan menyimpan beberapa dokumen kedalam flash disk. Setelah selesai, ku-remove donk usb-nya. Kok usb-nya ga bisa di-remove ya? akhirnya karena ga sabar, flash disk kucabut aja.

Di kantor, kucolok tuh usb ke komputer yang biasa saya pake buat transfer2 data. Di usb saya liat kok ada folder baru? Perasaan tadi di warnet aku nggak masukin folder ini ke usb? Hmmm folder ini tampak mencurigakan dengan ekstension .exe (tibeulat.exe). Ya sudah karena kupikir itu bukan folderku, delete deh. Delete berhasil, beberapa detik, tapi hah! folder itu muncul lagi di usb-ku? Wow! apa ini? Virus...

Untuk sementara waktu aku mencoba bersikap cool, do not panic, bow! Setelah selesai transfer data, ku-remove deh usb, berhasil (tapi dengan status virus masih bertengger di usb-ku). Sampai di rumah, colok lagi ah usb-nya ke laptop. Hehe folder (virus) itu masih ada:-( Weits, kayaknya ada folder asing masuk lagi nih...namanya (folder) data dan lapindo, mungkin ada lagi yang lain, tapi lupa apa aja. Iseng-iseng liat folder Lapindo, wah kayaknya ini info (penting) rahasia tentang lumpur lapindo nih, sapa tau ada behind story yang menarik.

Klik, folder-nya dibuka, oh.....(lemes) ternyata isinya tibeulat.exe lagi! Karena panik, buru-buru aku tutup foldernya, dan beralih ke folder data, klik.....amit-amit...Isinya tibeulat.exe lagi! Ya udah deh, beranak pinak deh kamu disitu wahai virus! Mau diapain lagi? di-delete, ga bisa, balik lagi. Ya udah gpp, yang penting masih tetep di usb, ga sempat merambah ke hardisk laptop-ku. Aman...stay cool and lovely :-)

Esok harinya, karena hari sebelumnya mendapatkan pengalaman dari sang virus, aku donlot up-date-an anti virus donk, lokal dan interlokal. Clep, colok usb, simpan antivir di usb, siap2 buat dipake untuk memberangus virus itu di rumah. Dengan kepercayaan yang sangat tinggi bahwa virus itu akan bisa teratasi dengan update-an antivir yang baru. Scan dengan antivirus interlokal dimulai, virus tidak terdetek, lanjutkan dengan scan antivir lokal, terdetek, tapi cannot be healed. hmmmm......

Suatu kali saya submit virus ini ke forum milis antivir, lama tak terdengar jawaban, maklum member milisnya orang bule semua, mereka ga ngerti kali virus apaan tuh? pake basa sunda lagi...Lama tak terselesaikan, ku amati aktifitas virus itu. Hmmmm system windows-ku rada kacau nih. Beberapa contohnya adalah: usb tidak bisa dibuka secara normal, dan fasilitas search file tidak berfungsi! Itu baru yang ketauan, yang ga ketauan? Only God Knows.

Akhirnya desperately, virus itu saya paksa delete, dan...berhasil! It didn't come back!

Happy Virus Scanning!
http://www.geocities.com/bagusramdan

Popular Posts