Pages

Penilaian Kinerja Perpustakaan

Contohnya di unit layanan, ada beberapa faktor yg dinilai :

1. Sirkulasi = dalam melakukan transaksi kan tercatat semua di sistem, kita tinggal lihat apakah dalam proses itu pernah terjadi kesalahan dan berapa banyak?

2. Shelving = setiap kegiatan shelving per hari ada reportnya. Nah dari situ juga kita bisa mengecek apakah seseorang melakukan kesalahan2 dalam menempatkan koleksi ke rak?

3. Entri data = ada standar tertentu, misalnya satu bulan min 500 entrian. Dan masing2 bulan ada rangkingnya. Kita bisa lihat dari rangkingnya setiap bulan atau kemampuan entrinya rata2 per bulan?

4. Serah terima aset = setiap akhir shift, pasangan (2 orang staf) harus melakukan serah terima aset dengan menuliskan dan menandatangani form yg sudah tersedia. Nah jika ada staf yg tidak melakukan prosedur ini akan sangat mudah dipantau dan dinilai.

Kalo di unit pengolahan, contoh yang dinilai :

1. Mampu melakukan kompilasi visual berita secara subjek dan pemberkasan (masing2 memiliki karakteristik dan kesulitan yg berbeda) = dinilainya dari perbandingan hasil yang diperoleh dengan durasi pengerjaan.

2. Mampu membuat tema liputan dan detail deskripsi visual sesuai dengan standar yang telah dibakukan sebelumnya = penilaian diberikan berdasarkan ketepatan penerjemahan visual ke dalam bahasa verbal dan berapa banyak staf melakukan kesalahan entri (secara entriannya diperiksa day by day)

Itu hanya contoh2 aja... sapa tahu memberikan sedikit ide dan mudah2an manfaat... mau kasih masukan2 juga boleh... dengan senang hati menerima, kan lumayan buat perbaikan juga he he he (sumber: milis jip unpad)

Langganan Info via Email