Pages

Meski Super Tajir, Warren Buffett Hidup Irit

Siapa tak kenal Warren Buffett? Miliarder dunia yang punya duit hingga Rp 675 triliun. Meski punya duit banyak, Buffett ternyata hidup sederhana alias irit. Anak-anaknya pun hanya disekolahkan di sekolah negeri.

Buffett yang kini berusia 83 tahun juga sudah bersiap memberikan estafet bisnisnya ke anaknya yang paling jago berbisnis Howard Homan Buffett .

Ungkapan buah jatuh tak jauh dari pohonnya seperti menggambarkan kehidupan Warren Buffett. Miliarder pembangun kekayaan generasi Buffett ini mewarisi sifat sang ayah, Howard Homan Buffett yang pantang menyerah dan gigih bekerja.

Kekuatan bisnis dan keahlian Buffett dalam berinvestasi juga diwarisinya dari sang ayah. Bakat bisnis memang mengalir di darah pria kelahiran 1930 itu. Buktinya, sejak kecil, Buffett sudah memperlihatkan ketertarikannya pada dunia usaha dengan ikut bekerja di toko grosir milik sang kakek, Ernest Platt Buffett.

Dia bahkan tak malu menjual permen karet pada teman-temannya di sekolah dasar. Beranjak remaja, Buffett mulai memasang mesin pinball bekas yang dia beli bersama seorang teman seharga US$ 25 di tempat pangkas rambut. Miliarder terkaya ke-dua di dunia ini terus mengembangkan bakat bisnisnya hingga berhasil membangun salah satu keluarga super kaya di dunia.

Sebagai miliarder, Buffett tak bersikap arogan seperti kebanyakan orang kaya lain yang senang memanjakan anak-anaknya dengan harta. Uniknya, sifat sederhana keluarga Buffett membuat para tetangganya tak sadar tengah hidup berdampingan dengan keluarga super kaya.

Ayah dengan kekayaan berjumlah US$ 58,5 miliar atau setara Rp 675 triliun ini tak mau orang lain mendekati anak-anaknya hanya karena uang. Buffet dan istrinya selalu berharap buah hatinya tumbuh bersama orang-orang yang tulus. (as/liputan6.com)
Sumber: Ciputra Entrepreneurship

Langganan Info via Email