Pages

Mengapa Kita Perlu Berinvestasi?

Mengelola keuangan bulanan tentu bukanlah hal yang mudah. Jangankan berpikir mengenai investasi, merencanakannya saja Anda pasti sudah tak terbayangkan. Lantas, bagaimana cara mudah untuk merencanakan keuangan agar uang gaji tidak habis tanpa jejak, dan Anda bisa memiliki investasi?

Tidak pernah ada kata terlambat untuk mulai menabung dan mengelola keuangan, sampai pada satu titik tertentu.

Biasanya berapa pun uang yang kita hasilkan, pasti selalu memiliki keinginan untuk menghabiskannya. Padahal menyimpan uang itu mudah. Ada tahapannya.

Dengan kata lain, memang tidak semua orang bisa mengatur keuangan mereka dengan baik. Padahal, jika direncanakan sejak sekarang, maka yang akan Anda rasakan adalah momen ketika Anda sudah tua atau pada kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

Dalam merencanakan keuangan, ada dua hal yang harus dibedakan, yaitu menabung atau menyimpan, dan investasi.

Menyimpan itu sama seperti tabungan. Berbeda dengan tabungan yang memiliki jaminan dari pemerintah untuk nominal tertentu, investasi tidak memiliki jaminan. Jumlahnya pun bisa naik atau turun, bahkan hilang, semua tergantung pada risiko investasi.

Investasi tidak harus dalam jumlah yang besar. Cobalah dimulai dengan menyisihkan sedikit uang, misalnya Rp 200.000 per bulan, maka itu dapat berfungsi sebagai investasi jangka panjang.

Dalam berinvestasi hal terpenting yang dibutuhkan yaitu perhitungan waktu.

Perencanaan keuangan penting untuk masa pensiun Anda kelak, agar Anda tetap hidup layak tanpa menurunkan standar hidup. Jika Anda sekarang berusia 25 – 35 tahun, untuk bisa pensiun pada usia 55 tahun dan menikmati masa pensiun selama 15-20 tahun, Anda membutuhkan dana sekitar Rp 30 - 50 miliar. Itu sebabnya, jika tidak dipersiapkan secara matang hal itu bisa berakibat fatal. Persiapan tersebut bisa dilakukan dengan cara berinvestasi, baik secara langsung maupun tidak langsung, melalui produk keuangan atau terjun ke dunia bisnis. (as/kompas.com)

Sumber: Ciputra Entrepreneurship

Langganan Info via Email