Pages

Selamat Datang di Kota Bandung, plat B

Selamat Datang di Kota Bandung, plat B

Pagi ini (2/7/2013), saat saya melintas menuju tempat kerja, saya melihat spanduk bertuliskan “Selamat Datang di Kota Bandung, plat B” terpampang di samping gedung sate. Saya pikir, kreatif juga tuh orang bikin sambutan selamat datang bagi orang-orang dengan kendaraan plat B (Jakarta) yang datang ke Bandung. Mungkin, ini terkait dengan beberapa kejadian akhir-akhir ini. Kejadian yang melibatkan perseteruan antara dua kubu suporter bola, The Jack dan Bobotoh.

Seperti diketahui bahwa laga Persija kontra Persib yang rencananya digelar Sabtu (26/6) di Stadiun Utama Gelora Bung Karno (GBK) ditunda gara-gara bis pemain dan ofisial Persib diserang oleh oknum dari The Jack Mania dalam perjalanan menuju stadion. Kejadian ini ramai dibicarakan di jejaring media sosial, twitter. Bis yang membawa pemain dan ofisial rusak parah. Tidak ada penjagaan khusus dari pihak yang berwenang (panitia penyelenggara) membuat pemain dan ofisial Persib tidak ada pilihan lain selain berbalik arah, kembali ke Bandung. Beruntung, kendaraan yang membawa mereka bisa langsung memasuki jalur tol. Akibat insiden ini, manajer dan beberapa pemain Persib mengalami luka.

Informasi mengenai kejadian ini cepat menyebar di jejaring media sosial. Tersulut emosi, beberapa orang yang terlibat aktif di jejaring sosial twitter mengancam mengadakan sweeping mobil-mobil berplat B yang datang ke Bandung. Kebetulan saat itu adalah akhir pekan, banyak warga Jakarta yang datang ke Bandung untuk refreshing. Situasi semakin tidak terkendali. Yang ada hanyalah emosi, tidak bisa dicegah dan dikendalikan.

Sweeping terhadap kendaraan pla B benar-benar terjadi. Situasi menjadi tidak kondusif. Kenyamanan bagi orang yang datang ke Bandung menjadi terganggu. Sweeping ini mengakibatkan beberapa mobil berplat Jakarta rusak. Bahkan, akibat aksi sweeping ini, warga kota Bandung sendiri yang kebetulan memiliki kendaraan plat B menjadi korban, salah satunya adalah Melly Firmansyah, vokalis  She Band. Polisi saat ini masih mengusut siapa saja pelaku pengrusakan melalui rekaman cctv yang terpasang di beberapa sudut jalan.

Aksi balasan dari sekelompok orang dengan melakukan sweeping terhadap kendaraan berplat B malah memperparah situasi. Akibat dari serangan balasan ini, nama besar Persib dan Kota Bandung menjadi tercemar. Hal ini membuat beberapa komunitas suporter Persib berusaha mencegah aksi sweeping ini agar tidak menjalar semakin brutal.

Setelah kejadian aksi balasan ini, aksi simpatik dari beberapa warga Kota Bandung dan komunitas suporter Persib (Bobotoh, Maung Geulis, Viking Online, dll). Melalui akun @BobotohSantun, tersiar kabar bahwa para suporter Persib tengah membagi-bagikan bunga pada pengendara asal Jakarta. Mereka menyadari bahwa aksi balas dendam apalagi sampai anarkis sama sekali tidak menguntungkan, malah merugikan. 

Dalam dunia sepak bola, para pemain dituntut untuk bermain profesional dan sportif. Ketika berlaga, mereka menjunjung tinggi sportivitas. Maka sudah seharusnya sesama suporter juga bertindak sportif.  
Pemasangan spanduk selamat datang kendaraan plat B ini semakin menyejukkan suasana, apalagi baru saja Kota Bandung selesai memilih pemimpin (walikota) yang baru. Semoga dengan walikota baru, Bandung baru, semakin kondusif.

Langganan Info via Email