Pengalaman Tutorial di Cikalong Kabupaten Tasikmalaya

Tanggal 9 September 2012 sudah mulai tutorial lagi. Kali ini penulis mendapatkan tugas tutorial di Pokjar Pangandaran Kabupaten Ciamis. Ini merupakan pengalaman pertama penulis melakukan tugas disana.

Dalam tulisan kali ini, penulis ingin berbagi informasi mengenai pengalaman memberikan tutorial di Pokjar Cikalong Kabupaten Tasikmalaya.

Rute Perjalanan
Lokasi tutorial dilaksanakan di SDN 1 Cikalong. Pertama, kita akan menggunakan bis dari Bandung menuju terminal Kota Tasik. Lama perjalanan dari Bandung ke Tasik sekitar 3-4 jam. Dari terminal Tasik kita melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bis kecil (3/4) menuju Cikalong. Waktu tempuh dari terminal Tasik menuju Cikalong sekitar 4 jam juga :-) Dahsyat!

Yang perlu diperhatikan dalam merencanakan perjalanan adalah faktor kemacetan, terutama yang sering terjadi pada jalur menuju Tasik. Kemacetan akan semakin parah pada jalur tersebut apabila terjadi kecelakaan, kendaraan mogok, long weekend, dan lain-lain. Banyaknya kendaraan besar yang lewat dan kondisi jalan berbukit dengan tikungan tajam membuat lalu-lintas sering tersendat ketika terjadi pertemuan kendaraan besar di tikungan. Kendaraan besar dengan kecepatan lambat dari arah Tasik ke Bandung juga membuat kendaraan-kendaraan di belakangnya berjalan perlahan, padat merayap.

Penulis biasanya berangkat dari Bandung pukul 9 malam dan bila selama perjalanan lancar atau tidak ada kemacetan yang parah maka akan sampai di Cikalong pukul 4 pagi.

Bersambung...

Popular Posts