Pages

Survey untuk integrasi jaringan di TK, SD, SMP Assalaam Bandung

Kamis, 24 Mei 2012, saya mengunjungi kembali lokasi TK, SD, dan SMP Assalaam Bandung untuk melakukan survey jaringan yang akan digunakan untuk pemanfaatan e-learning based on multimedia library.

Lokasi yang pertama saya kunjungi adalah SD karena kemungkinan besar server akan ditempatkan disini. Kompleks SD terdiri dari dua lantai. SD sudah memiliki jaringan internet. Di lantai dua ini jaringan disebar ke beberapa titik. Semua kelas memiliki jaringan internet, bahkan masing-masing kelas memiliki LCD projector dan 1 unit PC didalamnya.

Setelah melihat kondisi jaringan di dalam lingkungan SD, saya mencari ide bagaimana agar jaringan antara TK, SD, SMP dapat terhubung. Saya melihat ada ruang terbuka di lantai dua yang mengarah ke jalan. Dari sana terlihat pandangan yang bebas hambatan menuju TK dan SMP. Tadinya, kita akan menyambungkan kabel dari SD ke TK dan SMP. Tapi setelah melihat kondisi ruang terbuka ini, ada alternative lain untuk menghubungkan jaringan antara TK, SD, dan SMP. Yaitu dengan menggunakan access point. Jadi, rencananya nanti dari SD akan dibuat tiang pemancar yang akan diterima di TK dan SMP. Tapi, apakah access point dapat mendukung pemanfaatan e-learning ini? Kita lihat saja…

Langganan Info via Email