Pages

Bagaimana Cara Membuka File Dengan Ekstensi .pdb

Saat ini kita hidup dalam era digital, begitu katanya. Informasi apapun yang kita inginkan, bisa kita akses/buka kapan saja, dimana saja, baik secara online maupun offline. Bagi mereka yang senang dengan sesuatu yang serba digital, tentunya lebih cenderung menyimpan atau membawa-bawa informasi kemanapun mereka pergi dalam format digital, dibandingkan dengan format tercetak/print out misalnya. Salah satu pertimbangannya adalah simplicity atau ke-simpel-an dalam membawa-bawa format digital. Ringan, mudah dibawa-bawa, irit kertas, irit tempat penyimpanan, dan yang paling enak bisa dibaca kapanpun dan dimanapun. Dunia berada dalam genggaman, rasanya.
Beberapa format file standar yang kita ketahui selama ini antara lain: teks/dokumen, gambar, video, suara, dan lain-lain. Nah, kali ini saya akan mencoba mengulas format file dalam bentuk lain yang dapat dibaca melalui perangkat bergerak dan/atau komputer. Pernahkan Anda mendengar file yang berformat pdb?
File dengan format.pdb dapat diartikan berbeda-beda. Sedikitnya ada tiga kepanjangan dari pdb ini:
1.    Program Database: File database yang digunakan oleh beberapa apikasi, termasuk Pegauss, Quicken, MS Visual Studio, dan Palm Pilot Software yang menyimpan data dalam format yang terstruktur yang dapat dibaca apabila telah ada aplikasi yang terinstal di dalamnya.
2.    Palm Desktop Database File: Format data standar yang digunakan oleh beberapa program yang berbeda pada perangkat PDA berbasis Palm, bisa menyimpan berbagai macam tipe data, seperti ebook, dokumen, excell, database, peta, dan file-file berupa gambar.
3.    Protein Data Bank File: Berisi koordinat tiga dimensi dari atom yang mempresentasikan protein atau unsur kimia lainnya; format standar yang digunakan oleh RSCB (Research Collaboratory for Structural Bioinformatics) untuk mempelajari struktur tiga dimensi dari makromolekul biologi.
Dalam sumber lain diterangkan bahwa file yang ber-ekstensi .pdb adalah tipe file yang digunakan untuk menyimpan data yang tujuannya dapat dipakai pada perangkat bergerak, seperti ponsel dengan sistem operasi tertentu, seperti Palm atau Windows. Versi spesifiknya  dinamakan PalmDOC, yang digunakan untuk membaca buku elektronik, yang juga dapat digunakan dengan menggunakan sistem operasi GarnetOS, dan/atau Linux.
Tentunya file .pdb ini adalah file yang jarang kita dengar ya? Apabila kita mempunyai file dengan format pdb pada ponsel ataupun komputer kita, hampir bisa dipastikan kita tidak akan bisa membukanya. Bagaimana cara membuka file dengan format .pdb? Ada beberapa perangkat lunak yang dapat kita gunakan, baik untuk ponsel kita maupun untuk dibuka di komputer kita. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat kita pasang di ponsel atau komputer kita agar file .pdb tersebut dapat kita buka:
1.    OpenOffice untuk komputer
2.    Isilo untuk komputer http://www.isilo.com/download/iSiloW32.htm
3.    Haali Reader untuk ponsel berbasis
Windosws http://download.cnet.com/Haali-Reader/3000-2064_4-10305776.html?tag=lst-3
4.    Palm Reader untuk ponsel berbasis Palm http://www.freewarepalm.com/docs/palmreader.shtml
Sedikit saja saya mengulas mengenai penggunaan salah satu perangkat lunak diatas. Misalnya kita akan membukanya dengan OpenOffice. Setelah kita menginstal OpenOffice di komputer kita, klik kanan pada dokumen yang berakhiran .pdb yang akan kita buka, pilih “open with”, kemudian pilih OpenOffice. Maka kita akan bisa melihat dan mengeditnya baik pada layar komputer ataupun pada ponsel kita.
Selamat mencoba ya…

Bahan Bacaan
1.    Haali Reader for Windows Mobile [Online] / auth. cnet // cnet download.com. - December 5, 2011. - December 5, 2011. - http://download.cnet.com/Haali-Reader/3000-2064_4-10305776.html?tag=lst-3.
2.    How to open pdb files [Online] / auth. suite-3.org // Open Office. - December 5, 2011. - December 5, 2011. - http://openofficedl.com/how-to-open-pdb-files/.
3.    Palm Reader v2.4.3 [Online] / auth. freewarepalm.com // freewarepalm.com. - -, December 5, 2011. - December 2011, 2011. - http://www.freewarepalm.com/docs/palmreader.shtml.
4.    PDB File Extention [Online] / auth. FileInfo.com // FileInfo.com. - -, December 5, 2011. - December 5, 2011. - http://www.fileinfo.com/extension/pdb.

Langganan Info via Email