Pages

When the community grows, the first thing to grow is the library

Itu adalah sepenggal kalimat yang disampaikan oleh seorang kurir buku di Knox County Amerika Serikat. A. J. Johnson adalah seorang kurir buku yang telah bekerja di Knox County's Library System yang memiliki 17 cabang di wilayah Knox County, Amerika. Dia bertugas mengantarkan buku dari satu cabang ke cabang lainnya dengan tiga rute yang berbeda. Menurutnya, mengatur ribuan buku yang harus diantarkan ke perpustakaan-perpustakaan cabang melalui perpustakaan pusat seperti memainkan instrumen musik atau bermain video game.

Josh Leek adalah pustakawan yang bekerja di cabang Farragut, Knox County. Ia sudah bekerja disana sejak usia 16 tahun. Dedikasinya lahir dari pemahamannya tentang pentingnya perpustakaan. Lagipula, perpustakaan bukanlah tempat terburuk untuk bekerja, katanya sambil ketawa geli.

Lain lagi cerita dari Stephanie Faulkner. Ia adalah lulusan sarjana dari disiplin ilmu sosial. Kini ia menjadi manajer bagian sirkulasi di perpustakaan Lawson McGhee Library, cabang dari Knox County Library System. Ia telah bekerja selama 15 tahun. Menurutnya, dengan bekerja di perpustakaan, ia bisa menjadi seorang "penolong" tanpa harus menambah masalah baru. Ia mengatakan lebih jauh bahwa bagian yang membuatnya puas (mengesankan) dari pekerjaannya adalah membantu orang yang sedang kesusahan dalam masa krisis ekonomi sekarang ini. Mereka mempunyai program membantu orang-orang susah dengan program pinjaman lunaknya.

Segitunya peran perpustakaan untuk masyarakat di negeri seberang :-) Wajar kalau masyarakatpun memberikan apresiasi yang tinggi untuk perpustakaan.

Source: http://www.knoxnews.com/news/2010/jul/05/library-vignettes/

Langganan Info via Email