Pages

Profil Pustakawan

Pustakawan McAllen Memorial Library, Margaret Handrow, mendapatkan pekerjaan pertamanya di perpustakaan saat dia berumur 11 tahun. Ketika dia mengambil kursus perpustakaan di sekolah dasar Wisconsin, dia melihat antrian panjang orang-orang menunggu untuk mendapatkan bantuan dari pustakawan. Kemudian dia bekerja secara sukarela menjadi seorang 'shelver' di perpustakaan daerah sampai dia berumur 16 tahun dan mendapatkan gaji pertamanya di perpustakaan SMA. Membaca bukanlah hasratnya, tapi ada satu hal yang ia cintai dari setiap perpustakaan tempatnya bekerja.

Sekarang ia membawahi 9 pegawai tetap dan 2 pagawai paruh waktu. Ia bertanggung jawab terhadap jejaring masyarakat, perencanaan, pendanaan, dan pembuatan program-program baru.

Ia ingin menjadikan perpustakaan sebagai 'community centre' dan mengikuti trend jemput bola mengantarkan buku dan informasi ke rumah-rumah atau dimanapun pemustaka berada.

'Perpustakaan tidak tradisional, tapi berkembang mengikuti perkembangan jaman dan teknologi, fungsi perpustakaan adalah menyajikan inrormasi, dan bagaimana kita menyajikannya-lah yang membuat kita bertahan sampai saat ini,' katanya.

Sumber: kdhnews.com

Bagus Ramdan

Langganan Info via Email